Minggu, 03 April 2011

ByPass Windows Product Activation with WPA Kill

Posted by OPNETKU 00.58, under ,, | No comments

Suatu ketika, notebook yang biasa ku pakai bermasalah. Saat windows XP-nya mau dihidupkan tidak mau hidup. Yang ada cuma tampilan hitam dengan beberapa kalimat yang tidak begitu ku pahami apa maksudnya. Bahasa Inggris sih.... Lama tidak nongol-nongol juga (boot screen) layar booting-nya. Boot screen yang biasanya menampilkan logo XP tidak nampak. Apalagi layar logon (logon screen)-nya, yang biasanya berwarna biru itu.

Hal itu awalnya setelah aku coba "nyeken" virus dengan antivirus lokal, sudah lupa namanya apa. Yang di-scan semua data yang ada di notebook itu. Nah, belum selesai tu proses scanning, tiba-tiba mati lampu. Proses scanning tetap ku lanjutkan. Lama... tak kunjung selesai juga. Akhirnya battery notebook-nya mati dengan proses scanning yang masih berjalan. Mati tanpa shutdown. Mati kehabisan battery.

Seteleh beberapa jam, listrik nyala lagi. Ku nyalakan notebook dengan sumber listrik, eh tak tahunya tidak bisa. Tampilannya seperti di bagian atas tulisan ini. Ku matikan lagi dan ku tunggu sampai battery-nya betul-betul penuh di-charge. Baru ku hidupkan lagi. Tampilan-nya tetap sama.

Wah, jangan-jangan file komponen sistem-nya yang bermasalah, atau terhapus waktu scanning tadi. Pikir punya pikir, ku coba repair dengan cd windows-nya. Kebetulan XP yang di notebook itu original, beli notebook-nya lengkap dengan cd installer-nya. Setelah di-repair, tetap tidak menampakkan hasil.

Akhirnya, sebagai solusi akhir, ku bawalah itu notebook ke toko service komputer terdekat. Windows XP harus diinstal ulang kata yang tukang service. Apa boleh buat. Untung waktu itu aku bawa cd installernya. Ku harap diinstal dengan versi Windows XP yang sama dengan sebelumnya.

Besoknya, aku ambil itu notebook dari tukang service. Windows XP-nya sudah OK. Suatu ketika notebook itu ku koneksikan dengan jaringan internet broadband. Coba akses situs resminya Microsoft. Eh, tak tahunya keluar pernyataan kalau Windows yang sedang ku jalankan itu tidak asli, not genuine.

Setelah di-cek properties my computer, ternyata memang tidak sama dengan XP yang dulu. Rupanya tukang service tidak meng-install dengan cd installer original yang ku ikutsertakan di tas notebook kala itu. Kesal juga jadinya. Buat apa punya cd installer original jika tidak dipakai, pikirku.

Waktu berjalan, untuk sementara tidak ada masalah dengan XP bajakan itu. Tapi suatu ketika sepertinya banyak virus yang menggerogoti sistemnya. Mungkin karena kebanyakan browsing dan download via internet. Kepikir deh hendak mengembalikan installan tu XP ke yang original. Soalnya kalau harus repair dengan cd bajakan itu, cd-nya ku tidak punya. Akhirnya format ulang saja drive C tempat file System XP-nya. Setelah itu install dengan cd original yang ku punya.

Masalah lain muncul, XP yang baru ku install itu katanya cuma jalan 30 hari ke depan, dan harus diaktivasi. Jika tidak, bisa jadi tidak bisa digunakan lagi. Oleh Microsoft, itu dinamakanan dengan Windows Product Activation (WPA). Meng-aktifkan windowsnya via jaringan internet. Cuma sayang, koneksi internetku lumayan lemot. Berkali-kali tidak berhasil juga. Dulu waktu beli memang di tokonya juga yang mengaktifkan windows-nya.

Pikir punya pikir, akhirnya browsing mencari bagaimana caranya supaya windows-ku tetap aktif dan bisa dipakai tanpa harus aktivasi. Akhirnya ketemu juga yang namanya WPA Kill, software dari "bawah tanah" untuk me-remove WPA. Setelah dijankan ternyata maknyus, langsung muncul jendela konfirmasi "Windows is already activated." Memang ketika dijalankan bagusnya antivirus kita matikan dulu, sebab dikira virus atau unwanted program.


Silakan download WPA Kill disini.

Sampai saat ini Windows XP ku masih berjalan dengan sempurna. Tidak ada masalah lagi. Bahkan di-install di komputer lain pun tetap bisa. Tanpa harus pusing merubah XP jadi (genuine) original. Proses download dari situs resmi Microsoft tidak jadi soal lagi.

Penting
Agar proses aktivasi windows XP lebih optimal disarankan sebelum menggunakan WPA Kill agar terlebih dahulu menjalankan Windows XP SP 2 Aktivator. Download-nya disini.

Sumber : http://noor-ridhwan.blogspot.com/2009/06/merubah-windows-bajakan-jadi-genuine.html

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts